PEKERJAAN TANAH

* Pembersihan Lapangan,
Sebelum mendirikan bangunan area tempat akan didirikan bangunan tersebut perlu dilakukan pembersihan lapangan dari semak, tumbuhan liar ataupun segala sesuatu yang dapat menghambat pekerjaan pembangunan.
                       Penghitungan bisa menggunakan satuan m2 bisa juga dengan Ls (Lump sum)

* Bouwplank, Setelah itu dipasang bouwplank sebagai acuan ukuran yang telah ditetapkan. Bouwplank terbuat dari kayu
                       Penghitungan dengan menggunakan m'
                                              Gambar bouwplank


* Galian,Galian dilakukan setelah tanah dasar tercapai, tanah digali biasanya  untuk tempat pondasi bangunan, perhitungannya menggunakan satuan volume ( m3) yaitu 
                       Panjang x Lebar x Tinggi

* Urugan,
Urugan tanah diperlukan untuk mencapai muka tanah yang diinginkan, urugan dilakukan pada tanah dasar yang telah bersih dari segala macam benda-benda yang dapat mengakibatkan turunnya muka tanah, hal ini perlu dilakukan untuk menghindari perubahan pada bangunan, misalnya kayu, tumbuh-tumbuhan.
Untuk urugan tanah galian pondasi, setelah tanah dipasang pondasi maka perlu diurug kembali. Urugan tanah dihitung 1/3 dari volume galian tanah, 
                        urugan galian tanah pondasi  = 1/3 x Galian tanah
Selain urugan tanah pondasi, terdapat juga urugan pasir dibawah lantai dan pondasi. ketebalan urugan pasir dibawah pondasi atau lantai sekitar 5 cm - 20 cm, umumnya dipakai ketebalan 5 cm. Setelah diurug maka dilakukan pemadatan sehingga didapatkan ukuran dan kepadatan yang telah ditentukan.






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »